TULANG BAWANG BARAT – Menyimak paparan Kementerian Pertanian terkait program Komando Stategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) dalam rangka ketahanan pangan pada suasana pandemi covid-19, perlu adanya sinergitas para petani dan Dinas Dertaian maupun Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Secara garis besar, lahan disepanjang aliran Way Kiri mulai dari Karta hingga Penumangan belum dikelola secara maksimal. Adapun prioritas pengelolaan areal pertanian tersebut tentu sekali dapat dimanfaatkan ketika musim kemarau tiba dengan memanfaatkan air sungai menggunakan Teknologi Tepat Guna (TTG) seperti alkon dan springkler untuk penyiraman tanaman.

Dilihat dari pola dan jenis tanaman diwilayah tanah nyapah tersebut, harus diatur dengan memperkirakan cuaca yang mana antara bulan April hingga Oktober terjadi musim kemarau, jenis tanamannya dapat berupa jagung, kacang tanah, kacang hijau atau pun jenis tanaman sayur-sayuran seperti timun, kacang pajang dan lain sebagainya, yang pada dasarnya usia tanaman tidak terlalu lama. Hanya dari bulan April hingga September jenis tanamannya berupa jagung, kacang tanah maupun sayur-mayur yang akan disirami dengan air sungai menggunakan springkler dan alkon. Kemudian pada bulan September jenis tanamannya diubah menjadi tanaman padi gogo (ketinggian mencapai 150cm) dengan usia panen 4 bulan, dengan pertimbangan ketika musim penghujan tiba, tanah nyapah tersebut digenangi luapan air sungai.

Baca Juga :  Merayakan Hari Bulan K-3 Nasional PLN UID Lampung Gelar Donor Darah

Dengan sistem pola tanam tersebut, maka dapat dipastikan tanah nyapah tidak mengalami kekosonga tanaman. Sebab saat ini tanah nyapah kebanyakan ditanami singkong yang usia tanamnya cukup lama dan tidak memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Adapun postur tanah nyapah rata-rata memilii tingkat kesuburan yang cukup baik, hal itu disebabkan ketika air sungai meluap, maka lumpur sungai akan mengendap dipermukaan tanah nyapah, sehingga tidak memerlukan pemupukan yang ekstra.

Baca Juga :  Polsek Tulangbawang Tengah Ngopi Bareng Wartawan, Ini Yang Dibahas!

Untuk itu, dalam rangka mendukung pelaksanaan program ketahanan pangan melalui Kostratani, sebaiknya pemerintah daerah dapat mengkaji lebih lanjut terkait analisa pemanfaatan lahan disepanjang aliran way kiri tanah nyapah. (Sopian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here