TULANG BAWANG BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar Musrenbang 2020, di ruang aula Pemkab setempat, Rabu (11/3/2020). Kegiatan dalam rangka untuk Penyusunan RKPD Tahun 2021 dengan tema “Pembangunan Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berkarakter Menuju Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, Berdaya Saing ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tubaba, Fauzi Hasan

Tampak acara juga dihadiri oleh Gubernur Lampung yang diwakili Sekda Tubaba Herwan Sahri, Bustami Zainudin anggota DPD RI, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, Kapolres Tubaba yang diwakili, Kejaksaan Negeri Tuba, Koramil Tubaba, seluruh Forkopimda Tubaba, Camat se-Tubaba, dan para kepala Tiyuh Tubaba.

Dalam sambutan Bupati Tubaba yang disampaikan oleh Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan mengatakan,
Penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomudir kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan, yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat dipertanggungjawaban (Akuntabel).

Baca Juga :  MUI Tulang Bawang Barat Gelar Musda Ke-III

“Kami berharap jajaran organisasi perangkat daerah dilingkungan pemerintah kabupaten Tulang Bawang Barat beserta DPRD sampai saat ini masih tetap konsisten untuk meningkatkan pelayanan disemua sektor, dalam rangka mewujudkan Tulang Bawang Barat maju, sejahtera dan berdaya saing sebagai visi kabupaten Tubaba yang menjadi cita-cita kita bersama.

Mencermati hasil-hasil pembangunan pada tahun sebelumnya, terutama dilihat dari pembangunan kabupaten Tubaba lima tahun terahir, telah mengalami perkembangan yang cukup membanggakan, pertumbuhan ekonomi kabupaten Tubaba masih didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan disamping usaha-usaha lain seperti perdagangan, Perternakan dan UKM,” jelas Wakil Bupati.

Fauzi Hasan melanjutkan, berdasarkan peranan kelompok ekonomi yang begitu besar, pemerintak kab,Tubaba bertekat untuk memperbaiki sektor Infrastruktur, penunjang perekonomian dan pengembangan ekowisata dan pelestarian budaya.

Baca Juga :  Nurmuhamad : Kabupaten Layak Anak Berawal Dari Tiyuh Layak Anak

Adapun sasaran marko dari penyusunan RKPD 2021 ini adalah:
1, Pertumbuhan Ekonomi : 5,5-5,7%
2, Tingkat kemiskinan : 6,24%
3, Tingkat penganguran terbuka : 3,48%
4, Indeks pembangunan manusia : 66,27%
5, Rasio gini : 0,26-0,28%
6, Inflasi : 2,21%
7, Pendapatan per kapita : Rp 47,19 juta.

Sementara, dalam sambutannya Kepala Bappeda Tubaba, Noperiwan Jaya menyampaikan, Musrenbang Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan wadah untuk menampung berbagai masukan atau usulan serta dalam rangka pengadaan, penyempurnaan pengawasan pada anggaran karena dituangkan dalam RKPD kabupaten tulang bawang barat tahun 2021.

“Untuk selanjutnya akan dijumlahkan sebagai bahan penyusunan RKPD kabupaten Tubaba tahun 2021, hasil yang ingin kita capai pada pelaksanaan musrembang kabupaten Tubaba tahun 2020 ini diharapkan dapat menghasilkan penetapan kualitas program pembangunan dan plafon atau pagu berdasarkan bidang dan kewenangan OPD,”pungkasnya. (ADVERTORIAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here