TULANG BAWANG — Dalam rangka melestarikan seni budaya tanah air Indonesia, kelompok seni reyog ponorogo Singo Bolang Kertodiharjo, mengelar sapari keseluruh Indonesia, dengan menampilkan tarian dadak burung merak atau sering disebut singo barong, yang dilaksanakan dilapangan Kampung Ujung Gunung Ilir, Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Senin (3/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kampung Ujung Gunung Ilir, Babinkantibmas, Ketua paguyuban Reyog Ponorogo Petruk, Kepala Kampung Ujung Gunung Ilir Sugianto, Ketua BPK Hidayat Basuki, dan sejumlah staf, serta 500 masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Minimnya Kondisi Pembatas Jalan Di Kota Menggala

Dalam sambutanya, Kepala Kampung Ujung Gunung Ilir, Sugianto mengajak, semua pihak menjaga dan melertarikan seni budaya tari reyog ponorogo, karena ini, menjadi warisan nenek moyang dahulu, menjadi pemersatu antar masyarakat, baik jawa atau suku lainnya.
”Saya sangat berterima kasih kepada sanggar tari singo barong  yang bersedia menyambangi warga kami, dengan mengelar tari, menjadi hiburan warga di tiga kampung kecamatan Menggala,”ungkap Sugianto.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir Relawan Gabungan BPBD, PMI, DLH dan IWO Bersih Enceng Gondog di Aliran Sungai Gung

Sementara, Ketua sanggar tari reyog ponorogo, Singo Barong, Petruk, mengatakan, bahwa, ada tarian singo barong ini semenjak runtuhnya kerajaan Mojopahit, karenanya, agar sama sama menjaga dan melestarikan seni budaya, agar tidak diakui oleh bangsa lain.

“Semoga dengan adanya kegiatan safari reyog  ini, bisa menjadi pemersatu masyarakat  sekitar, dan dapat terjalin baik kerja sama antar kampung sekecamatan Menggala dalam menjaga keadaan aman dan kondusif,”ungkapnya.

(Yahya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here