Pansus pembahasan empat rancangan Peraturan Daerah usul inisiatif DPRD ini, di pimpinan anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang Hi. Munsir, dengan Kuswanto sebagai Wakil Ketua dan Hartono sebagai Sekretaris serta Jamilah sebagai Pelapor dan sebagai anggota Yohanes Salimin, Harwiyana, I Wayan Subagya, Kasimin, Sondang Rajaguguk, Nirwansyah, Rengga Saputra, Hi. Achmadi, Yuliyati dan Semin.

Adapun ke’empat Raperda usul inisiatif DPRD Kabupaten Tulangbawang ini diantaranya, 1. Raperda Kesiapsiagaan dan Peringatan Dini Dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, diubah judulnya menjadi Penanggulangan Bencana mengingat materi Raperda secara keseluruhan mengatur tentang penanggulangan bencana dan pasal-pasalnya disesuaikan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Baca Juga :  Inspektorat Tanggamus Segera Panggil Sekdes Suka Banjar

Ke 2. Raperda tentang Bank Sampah diubah judulnya menjadi Pengelolaan Sampah dan pasal-pasal didalamnya disesuaikan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Ke 3. Raperda Jaminan Kelestarian Lingkungan Hidup berkelanjutan, pada prinsipnya materi yang diatur telah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup namun untuk teknis penulisannya harus disesuaikan dengan ketentuan UU nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Daerah.

Ke 4. Raperda Kawasan Tanpa Rokok Materi Raperda disesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan.

Baca Juga :  Penjual Belangko Kartu E KTP TUBA Ditangkap

“Setelah dilakukan fasilitasi dari Gubernur Lampung melalui Biro Hukum, Perubahan redaksional (judul) terhadap 4 Raperda dilakukan pula beberapa penyempurnaan materi pasal demi pasal,” jelas Ketua Pansus DPRD Kabupaten Tulangbawang Hi. Munsir, dalam sidang paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Tulangbawang.

Dengan memperhatikan hasil – hasil pembahasan Pansus, baik hasil pembahasan dilingkup internal maupun bersama OPD, Pansus merekomendasikan kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Tulangbawang, alhasil Raperda tentang Penanggulangan Bencana, Pengelolaan Sampah, Jaminan Kelestarian Lingkungan Hidup Berkelanjutan, Kawasan Tanpa Rokok, diterima dan disetujui untuk ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah. (Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here