Berita TerkiniKabar DaerahLampungLampung Tengah

Gubernur Arinal Junaidi Resmikan Pura Termegah Se-Lampung Tengah

LAMPUNG TENGAH, dailylampung.com – Musa Ahmad mengahadiri Acara Peresmian Pura Catur Parhyangan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta RSI ( MGPSSR ) bertempat di sanggraha Kepasekan MGPSSR Pura Catur Parhyangan Swastika Buana Kecamatan Seputih Banyak. Jumat, (6/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua MGPSSR Pusat dan Provinsi Lampung, Ketua PHDI Lampung, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Lampung, Forkopimda Lampung Tengah serta Umat Hindu se Lampung Tengah.

Dalam Laporannya Ketua MGPSSR Provinsi Lampung Drs. I Made Bagiasa mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur , Bupati dan Seluruh Jajaran pada peresmian Pure hari ini.
Bahwa status Pure ini adalah Pure Umat Hindu Provinsi lampung yg ada di Lampung Tengah. Untuk itu dirinya Mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Lampung, Bupati Lampung Tengah dan donatur sehingga Pure bisa selesai dengan baik.

Sementara itu Ketua PHDI Lampung DR. I Ketut Setiawan Bangunan ini berdiri menandakan bahwa warga gotra pasek cinta akan budaya. Untuk itu diharapkan untuk bisa menjaga juga menggunakannya dalam momen keagamaan umat hindu, ia berpesan kepada umat hindu di Lampung Tengah Khususnya untuk tidak terparuh isu- isu yang bisa memecah belah umat hindu di Lampung, da I Ketut Setiawan berharap PHDI bisa menjadi mitra Pemkab Lampung Tengah untuk memajukan Lampung Tengah kedepan.

Ketua MGPSSR Pusat Prof DR I Wayan Wita mengatakan MGPSSR merupakan organisasi kemasyarakatan yang bernaung di bawah PHDI dan terdapat di 14 Provinsi di Indonesia.vdirinya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah atas kemajuan juga kenyamanan penduduk bali di Lampung, pure yg dibangun sangat tinggi nilai seni dan artistik dengan hasil yang sangat luar biasa. Semoga hubungan yang baik bersama Pemerintah bisa berkelanjutan kedepan. Ketua Umum MGPSSR Yakin bahwasanya Provinsi Lampung bisa menjadi contoh yang baik untuk MGPSSR di Provinsi lain.

Dalam Sambutannya Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad terlebih dahulu mengucapkan Selamat galungan dan kuningan kepada umat hindu yang merayakannya beberapa saat lalu.
Dirinya mengatakan Pembangunan ini merupakan Bantuan Gubernur Lampung di bidang keagamaan khususunya untuk umat hindu yang nantinya akan menjadi wisata Rohani sepaket dengan danau Tirta gangga, ditambah lagi dengan akan adanya Pembangunan Jalan Rigid Beton menghubungkan Kota Gajah – Bandar Surabaya yang tentunya mempermudah masyarakat Umat Hindu khsusunya untuk menuju Pure ini.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan Lampung adalah Provinsi yang beragam macam suku dan agama terlebih dari itu Umat Hindu di Provinsi Lampung cukup banyak yakni hampir 1 Juta Jiwa. Untuk itu Pembangunn Pure ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah di bidang keagamaan. Diharapkan dengan adanya pure ini Masyarakat Hindu khsusunya di Lampung Tengah bisa terus hidup rukun, guyub dan menjaga kondisifitas di wilayahnya. Gubernur juga mengatakan ditahun ini akan memperbaiki jalan yang menuju ke Pure ini yakni Kota Gajah – Bandar Surabaya yang selama ini menjadi keluhan masyarakat khsusunya diwilayah timur , Arinal melihat akan berkembang pesatnya pertumbuhan ekonomi diwilayah tersebut apabila Infrastruktur Jalan telah diperbaiki dengan baik. (Bustami)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button