BERITA TULANG BAWANG BARAT

Ketua PWRI Tubaba Rico Rivaldi, S.H, Tolak Adanya Perbup No 27 Tahun 2023

Memberikan Ruang Semakin Berkembangnya Tindak Pidana Korupsi Dilingkungan Dinas-Dinas

TULANG BAWANG BARAT, DAILYlAMPUNG.COM – Ketua PWRI Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Rico Rivaldi, S.H menolak adanya Perbup No 27 tahun 2023 karena dinilai membatasi kemerdekaan pers yang telah diatur didalam undang-undang Nomor 40 tahun 1999.

Hal tersebut, diungkapkan Rico, adanya Perbup nomor 27 tahun 2023 itu, dinilai olehnya akan memberikan ruang semakin berkembangnya tindak pidana korupsi dilingkungan Dinas-Dinas yang ada di Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Perbup ini membatasi kemerdekaan pers, sehingga memberi ruang dan mudah untuk melakukan korupsi oleh Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Tulang bawang barat,”tegas Rico, di sela-sela Rapat dengan anggota PWRI Tubaba. Kamis, (14/12/2023) .

Dikatakan Rico, seharusnya pemerintah Tulang bawang barat mengajukan uji materi terlebih dahulu ke Mahkamah Konstitusi (MK), agar bisa menerapkan Perbub tersebut.

“Dikarenakan undang-undang adalah dasar hukum tertinggi negara kesatuan Republik Indonesia ini, maka Perbup Nomor 27 tahun 2023 tersebut tidak bisa melangkahi undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999 yang telah ditetapkan oleh pemerintah,”terang Rico.

Ketua PWRI juga menilai Perbup tersebut sangat merugikan rekan-rekan pers karena dianggap mengkebiri kegiatan insan pers untuk melakukan kontrol sosial terhadap anggaran dan pembangunan di kabupaten Tulang bawang Barat ini. sedangkan tanpa adanya perbup tersebut kita selaku insan pers juga tahu akan batasan dalam bekerja dan sangat memegang teguh kode etik jurnalistik.

“Kami minta kepada PJ Bupati Drs.M.Firsada M.Si harus menarik Perbup Nomor 27 tahun 2023 tersebut dan mengkaji ulang agar tidak menimbulkan kegaduhan di kalangan rekan-rekan pers.sehingga pers ditubaba ini dapat berjalan berdampingan dengan pemerintah daerah kabupaten Tulangbawang Barat agar kabupaten kita tercinta ini bisa lebih maju lagi kedepannya,”harap Rico. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button