GlobalLampungLampung Barat

Bersumber DAK, TPH Lambar Rencanakan Bangun Irigasi sepanjang 2.000 Meter

LAMPUNG BARAT(DL)– Setelah mendapat kucuran dana sebesar 1,5 milyar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan Kementrian Pertanian, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2021 Bakal Bangun Irigasi sepanjang 2.000 Meter.

Informasi tersebut dibenarkan, Kasi lahan dan irigasi pada Dinas TPH Lambar, Ferdi Nitiarga, menurutnya, selain peruntukan untuk irigasi juga sebagai pembangunan embung, dan irigasi tanah dangkal.

“Iya, dana itu akan diperuntukkan untuk pembangunan 2.000 meter irigasi dan pembangunanya itu swakelola semua, alurnya melalui kelompok tani di sejumlah Pekon (Desa) dan Kecamatan yang ada di Lambar,” Jelasnya, Kamis (20/5/2021).

Lanjutnya, lokasi rencana pembangunan oleh TPH Lambar tersebut terletak di Kecamatan Suoh, BNS, Pagar Dewa, Kebun Tebu, Gedung Surian dan Way Tenong.

“Pada setiap lokasi pembangunan tentu beda penanganan, tergantung kondisi dilapangan, sehingga bisa saja beda satu dengan yang lainnya, tergantung yang dibutuhkan di masing-masing lokasi,” Bebernya.

Ferdi pun menambahkan, implementasi kegiatan pembangunan irigasi tersebut merupakan usulan 2020 lalu dan akan berjalan realisasinya Juni 2021 mendatang. “Harapannya tentu pembangunan itu akan berdampak dengan kelancaran proses pengairan dan peningkatan hasil panen petani, tentunya untuk mencukupi kebutuhan air pada lahan garapan,” Paparnya.

Selain itu, menurutnya pada 2020 lalu ada 50 lebih kelompok tani yang mengusulkan, tetapi yang memenuhi kategori hanya 13 kelompok tani saja.

“Itu dikarenakan sesuai dengan kuota yang telah ditentukan, bagi kelompok lainnya yang belum bisa mengusulkan di 2021 ini agar di urus dan dilengkapi kebutuhannya, untuk realisasi tahun 2022,” Tutupnya. (Erwan/Rifa’i)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button