Berita TerkiniBudayaKabar DaerahLampung

Tokoh Adat Federasi Megou Pak Bersama Kepalo Tiyuh dan Camat Gelar Rapat Bentuk Panitiaan HUT Kecamatan TBT

TULANGBAWANGBARAT, dailylampung.com – Kepalo Tiyuh, Camat, bersama tokoh” adat federasi adat megou pak, Gelar rapat pembentukan panitia menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT) kabupaten Tulang Bawang Barat provinsi Lampung

Hendarwan, SHP, ketua penitia
HUT kecamatan TBT, mengatakan, kegiatan rapat pembentukan panitia tersebut digelar berlangsung diseketariat Pederasi Adat Mego Pak Tubaba dikediaman Rumah H.Herman harta RM.S.Icom.MM, pada selasa (8/3/2022)

“Dalam rapat bersama pembentukan panitia HUT kecamatan TBT tersebut
dihadiri oleh forkopimcam
abdesi, kepalo tiyuh.lurah dan pj kepalo tiyuh kecamatan TBT, bersama dengan pederasi adat mego pak tulang bawang barat. Turut hadir seluruh lembaga adat dari empat (4) marga tiyuh diantaranya tiyuh panaragan.tiyuh punumangan tiyuh megala mas tiyuh bandar dewa dan tokoh adat penyimbang tuho rajo,
kapolsek TBT, danramil KUA ,dari hasil rapat tersebut, saya ditunjuk menjadi ketua penitia HUT Kecamatan TBT tersebut,”Tuturnya.

Hendarwan yang diketahui merupakan ketua abdesi kecamatan TBT, itu mengutarakan perayaan puncak hari jadi Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT) yang bertepatan pada tanggal 23 Maret mendatang.

“Rencana kegiatan HUT tersebut telah di rapatkan, lokasinya dipusatkan dilapangan kelurahan panaragan jaya karena di anggap tempat yang paling strategis mengingat kecamatan TBT merupakan jantungnya kabupaten Tubaba

Dalam kegiatan tersebut nanti digelar pepung adat terdapat 20 orang kepalo tiyuh beserta istri dan satu (1) orang camat kecamatan TBT beserta istri dinobatkan diberi gelat adat suttan oleh federasi adat mego pak tulang bawang barat marga tegamoan.ujarnya.

dari hasil rapat tersebut lanjut,hendarwan, telah disepakati bersama akan mengadakan berbagai kegiatan salah satunya diwarnai pepung adat begawi adat marga tegamo’an Mego pak kemudian dilanjutkan kirab budaya dan di akhiri pengajian akbar,” jelasnya.

Ketua panitia itu juga berharap dalam momentum hari jadi kecamatan TBT dia menginginkan warga pribumi dan warga transmigrasi dapat saling lebih erat dan saling bahu membahu.

“Kita sangat berharap tidak ada lagi bahwa kecamatan TBT ini Tiyuh pribumi dan transmigrasi sehingga hubungan jalinan tali silaturahmi persaudaraan terus terjaga menjadi lebih erat.

Kita tetap jaga NKRI Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila dan UUD 45. Dan inilah kecintaannya kami selaku kepala tiyuh yang cinta adat istiadat dan budaya,”harapnya.

Se-usai menggelar rapat pembentukan panitia sekaligus penyusunan tugas hendarwan mengajak semua pihak dapat turut serta mensukseskan acara itu.

“Mudah -mudahan acara yang sudah terjadwal itu berjalan dengan baik Suksenya acara itu nanti tentu tak lepas dari berkat dukungan dan kerja sama yang baik dari semua piha sehingga HUT kecamatan TBT berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,”tegasnya. (HADI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker