Berita TerkiniKabar DaerahLampungPolitikTulang Bawang Barat

Tahapan Pemilihan Kepalo Tiyuh Terus Berlanjut

TULANGBAWANGBARAT, DAILYLAMPUNG.COM – Tahapan Pemilihan Kepalo Tiyuh yang diikuti oleh 69 Tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat saat ini telah memasuki tahapan penetapan nomor urut calon Kepalo Tiyuh, seperti yang sedang berlangsung di Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Senin, (01/11/2021).

Kegiatan penetapan dan pengundian nomor urut calon Kepalo Tiyuh Penumangan dihadiri antara lain Camat Tulang Bawang Tengah, Babin Kamtibmas, Babinsa dan sejumlah elemen terkait lainnya.

Saat diwawancarai, Camat Tulang Bawang Tengah, Achmad Nazarudin menyampakan bahwa “untuk pemilihan Kepalo Tiyuh di Tulang Bawang Tengah tahun 2021 diikuti oleh 11 Tiyuh, dan salah satunya adalah Tiyuh Penumangan. Sedangkan calon Kepalo Tiyuh yang mengikuti kontestasi sebanyak 42 calon yang jumlahnya pariatif disejumlah Tiyuh”.

“Adapun regulasi Pemilihan Kepalo Tiyuh dimasa pandemi covid saat ini diatur melalui Perbub nomor 54 tahun 2021 tentang tata cara pemilihan kepalo tiyuh serentak, antara lain mengatur tentang penetapan TPS yaitu maksimal 1 TPS berbanding 500 mata pilih, yang proses penghitungannya selesai di TPS masing-masing, dan hasil penghitungan di TPS akan di plenokan ditingkat Panitia Pilkati untuk ditetapkan sebagai Kepalo Tiyuh terpilih. Terkait calon Kepalo Tiyuh yang tersangkut masalah hukum, maka dimungkinkan ada diskualifikasi apabila nanti terbukti bersalah. Namun sampai saat ini kita masih mengedepankan azaz praduga tak bersalah, oleh karena itu hingga saat ini yang bersangkutan masih mengikuti proses tahapan Pilkati”.

Saat di wawancarai Nurmanto Ketua pemilihan pilkati mengungkapkan “hari ini kita melakukan kegiatan penetapan dan pengundian nomor urut calon Kepalo Tiyuh Penumangan. Hal ini tentunya merujuk pada jadwal tahapan yamg telah ditetapkan oleh Panitia Kabupaten”, terangnya.

Lebih lanjut Nurmanto menyampaikan bahwa untuk daftar mata pilih, kita mengajukan DPT ke Panitia Kabupaten sebanyak 3016 mata pilih, yang ada di dua belas suku/dusun dan selanjutnya pada tanggal 16 November mendatang kita akan mulai melakukan pendataan mata pilih, yang akan kita validasi sesuai jadwal dan tahapan pemilihan Kepalo Tiyuh”.

Dilain pihak, Ruldin selaku Ketua Satgas Covid 19, sekaligus Ketua BPT Tiyuh penumangan mengatakan bahwa BPT telah membetuk Panitia Pilkati dan Panitia Pilkati telah membuka pendaftaran calon yang diikuti oleh empat calon Kepalo Tiyuh.

“Kami berharap kepada keempat calon Kepalo Tiyuh dapat menjaga situasi aman dan kondusif, hal ini juga disampaikan kepada tim sukses keempat calon agar bisa menjaga situasi yang aman, demi suksesnya Pemilihan Kepalo Tiyuh Penumangan”, harapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker