Berita TerkiniKabar DaerahLampungTulang Bawang Barat

Tahapan Pemilihan Kepalo Tiyuh Di TUBABA Kembali Digelar

TULANGBAAWANGBARAT, dailylampung.com – Pasca tertunda akibat covid-19, kini tahapan pelaksanaan PILKATI Tubaba dimulai kembali sejak (9/10/2021).

Kepala Dinas DPMT Tubaba, Sofyan Nur, melalui Kabid PPAT, Ashari menyampaikan bahwa “untuk saat ini jadwal tahapan PILKATI per tanggal 11-15 Oktober, Panitia Pilkati Kab.Tubaba melakukan tahapan verifikasi dan penelitian berkas bakal calon. Selanjutnya bakal calon diberi kesempatan untuk melengkapi kekurangan berkas pencalonan. Dalam hal ini, bagi Tiyuh yang bakal calon Kepalo Tiyuhnya lebih dari 5 (lima) orang, maka akan dilakukan seleksi tambahan berupa seleksi tertulis dan wawancara. Hal ini sesuai dengan aturan yang ada, bahwa Calon Kepalo Tiyuh maksimal diikuti oleh lima orang”.

“Apabila terjadi bakan calon hanya satu orang yang lulus seleksi berkas, maka Panitia PILKATI akan membuka kembali pendaftaran calon Kepalo Tiyuh, pada tanggal 20-24 Oktober 2021. Dan akan dilakukan seleksi berkas kembali. Namun jika bakal calon hasil penjaringan tahap kedua tetap tidak lulus seleksi berkas, maka pelaksanaan PILKATI di Tiyuh tersebut akan ditunda, sebab sesuai aturan, pemilihan Kepalo Tiyuh minimal diikuti lebih dari satu orang”, ungkapnya. Kamis (14/10/2021)

“Untuk jadwal penetapan Calon Kepalo Tiyuh, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26-31 Oktober 2021, melalui Surat Keputusan Bupati tentang penetapan calon Kepalo Tiyuh yang diikuti sejumlah 69 Tiyuh”.

“Setelah penetapan calon Kepalo Tiyuh, maka tahapan selanjutnya akan dilakukan pengundian nomor urut oleh Panitia PILKATI di Tiyuh masing-masing. Yang selanjutnya akan dilakukan penetapan daftar pemilih sementara, daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih tetap. Setelah itu Panitia PILKATI akan memetakan pembagian TPS dimasing-masing wilayah Tiyuh setempat, dengan setandar Prokes Covid-19. Sedangkan untuk jadwal pemilihannya Insya Allah akan digelar pada tanggal 9 Desember 2021,”tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker