Berita TerkiniKabar DaerahLampungTulang Bawang

Limbah Air RUTAN Rugikan Warga Sekitar

Penulis : Budiman

TULANGBAWANG, dailylampung.com – Sudah puluhan tahun keberadaan Rumah Tahanan (Rutan)Tulang Bawang, hingga saat ini tidak memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Akibat dampak air limbah yang mengalir ke lingkungan masyarakat tersebut, menyebabkan pencemaran dan kerugian bagi masyarakat setempat. Selasa, (19/09/2023). 

Salah satu masyarakat yang terdampak air limbah dari Rutan Tulang Bawang, Yudi Kusuma Jaya, mengatakan, bahwa sudah puluhan tahun tanahnya terkena air limbah dari rutan, menyebabkan kerusakan tanah dan tanam tumbuh miliknya.

”Setiap tahun tanaman singkong milik saya mati dan isinya selalu busuk akibah terendam air limbah dari rutan, bagaimana mau panen seperti petani yang lain panen,”terang Yudi.

Lanjut Yudi, ia sudah berulang kali menemui Kepala Rumah Tahanan Negara (RUTAN)Menggala dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), menyampaikan keluhan air limban yang keluar dari RUTAN Tulang Bawang.

”Saat saya menemui Kepala KPR RUTAN Menggala dia mengatakan kami tidak ada dana untuk membuat penampungan IPAL,”urai Yudi.

Sementara itu, Kepala KPR RUTAN , mengatakan, bahwa mereka sudah berdiskusi dengan pemilik kebun dan sudah memberi kompensasi terkait air yang mengalir kekebun nya, ia juga menyampaikan air yang mengalir sudah pada jalurnya karena mereka membuang air limbah para tahanan ke saluran pembuangan irigasi yang ada.

”Terkait adanya beberapa titik yang belum di bangun saluran irigasi, itu bukan kewenangan kami dari RUTAN itu semua mejadi tugas Pemerintah Daerah Tulang Bawang yang harus membangunnya,”kelit Kepala KPR saat di temui beberapa pekan yang lalu. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button