Bandar LampungBerita TerkiniGlobalLampung

Matsama MAN 1 Bandar Lampung Mengelar Orintasi Peserta Dididk Baru Melalui Daring

BANDAR LAMPUNG (DL) – Dalam rangka orientasi peserta didik baru di lingkungan Madrasah, MAN 1 Bandar Lampung mengadakan, masa taaruf siswa madrasah (Matsama). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari (15-17/7/2021), yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru. Dengan mengusung tema “Mengembangkan Potensi Madrasah Mandiri dan Berprestasi serta Berdoa tanpa Batas Ruang dan Waktu”.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Drs. M. Iqbal,  menyampaikan, bahwa kegiatan Matsama tahun ini masih dilaksanakan secara virtual via Zoom Meeting karena masih dalam kondisi PPKM darurat dengan alasan keamanan dan kesehatan akibat Covid-19, sehingga pola pelaksanaan Matsama mengalami beberapa penyesuaian sesuai dengan standar protokol kesehatan di madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Matsama merupakan gerbang pertama bagi siswa baru untuk mengenali lingkungan mandrasah yang mereka tempati melalui Matsama para peserta didik baru mengenal sistem pembelajaran, ciri kelas, karakter, serta budaya yang ada di lingkungan madrasah. Keberadaan Matsama ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di madrasah pada masa selanjutnya. Kegiatan Matsama ini tidak terlepas dari motto Direktoran Kurikulum Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yaitu mencetak generasi hebat dan bermartabat,”terang Drs. M. Iqbal

Dikatakan Drs. M. Iqbal mengingat, MAN 1 Bandar Lampung masih di zona tidak aman maka dalam pelaksanaannya tidak melibatkan kakak kelas, kegiatan Matsama ini diikuti oleh 488 siswa yang terbagi atas program MIA, IIS, IIB, dan IIK.

“Adapun materi yang disampaikan meliputi pengenalan lingkungan Madrasah, kegiatan rutin belajar mengajar, fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, kegiatan organisasi kesiswaan, tata tertib dan nilai yang berlaku, keasramaan, ukhuwah islamiyah bernalar kritis dan berjiwa kompetitif, serta publikasi,”jelas M.Iqbal.

Lanjut M. Iqbal, kegiatan Matsama ini bersifat edukatif, menumbuhkan kreativitas, dan menekankan pentingnya akhlak terhadap siapapun karena ia, beranggapan bahwa mereka sudah bukan anak-anak lagi tetapi remaja yang menjelang dewasa. M. Iqbal, juga berpesan, untuk memanfaatkan gadget untuk menggali ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pelajaran.

Sebagaimana yang disampaikan ketua panitia Hj.Popy Novitasari, M.Pd. matsama ini memiliki beberapa tujuan yaitu:
1. Mengenalkan lingkungan, nilai, karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru agar tercipta rasa aman, nyaman, selama proses pembelajaran.
2. Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada peserta didik baru untuk belajar mencintai serta menjaga nama baik alamamaternya.
3. Menanamkan dan memperkuat nilai moderasi beragama dan karakter ke-indonesiaan kepada para peserta didik baru.

“Semoga dengan adanya kegiatan Matsama ini, dapat menjadikan penentu langkah awal dalam keberhasilan bagi peserta didik baru MAN 1 Bandar Lampung sehingga motto Direktorat KKSK Madrasah, membangun Madrasah mandiri dan berprestasi, dapat terwujud,’tutup M. Iqbal. (ASKA69).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker